Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Kesuksesan Bisnis


Perkenalkan saya Hana Calista, saya adalah mahasiswi semester 6. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk kesuksesan bisnis, untuk memenuhi tugas kelas Digital Marketing.



Strategi pemasaran merupakan serangkaian perencanaan dalam rangka menjangkau target pasar dan menjadikan target pasar untuk menjadi konsumen produk dari suatu perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan strategi, usaha startup pun harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk membawa usaha tersebut ke konsumen yang tepat. 

    Ada 4 fungsi dari strategi pemasaran, antara lain :

1. Untuk Menetapkan Tujuan Perusahaan

Untuk tujuan perusahaan dapat ditetapkan untuk jangka pendek, jangka mengengah, ataupun jangka panjang. strategi pemasaran akan membantu perusahaan untuk mengatur dan memetakan secara rinci dan memberikan rincian dari masing-masing tujuan yang ingin dicapai.

2. Untuk Membuat Koordinasi Pemasaran Lebih Efektif
Dalam hal pencapaian tujuan, setiap bagian dari perusahaan harus melangkah ke arah yang sama. Stretegi pemasaran juga berfungsi untuk mengatur ke arah mana jalannya perusahaan. Sehingga setiap bagian dari perusahaan dapat berkoordinasi dan bekerja lebih efektif dan juga tepat sasaran.

3. Untuk Mengontrol Kegiatan Pemasaran
Untuk melakukan pengawasan mengenai kegiatan pemasaran yang dilakukan, supaya pemasaran berjalan dengan lebih efektif,sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan agar lebih cepat tercapai.

4. Untuk Menjadi Motivasi di Masa Depan
Dalam hal nyatanya, perusahaan pasti harus menghadapi dan selalu mengikuti perkembangan pasar. kondisi pasar yang selalu berubah harus juga selalu diiringi dengan motivasi dan inovasi yang baru sehingga pelanggan dapat mendapatkan produk yang lebih baik tanpa mengurangi kualitas produk yang selama ini sudah di percaya.
       
Strategi pemasaran akan mampu memotivasi manajemen perusahaan, sehingga dapat melihat dan mempersiapkan masa depan dengan cara yang berbeda. Dengan begitu, maka kelangsungan perusahaan di masa yang akan datang dapat dipersiapkan dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat strategi pemasaran, antara lain :

1. Ketahui terlebih dahulu mengenai segmentasi dan target pasar yang ingin dituju
Kita dapat menjual produk ke pelanggan, apabila pelanggan yang dituju tepat sasaran dan sesuai  dengan produk yang ditawarkan. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah segmentasi pasar dengan membagi pasar ke dalam kelompok pembeli yang berbeda. Kelompok pembeli ini akan dikelompokkan dan dibedakan berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang memerlukan produk berbeda.

Setelah memilih salah satu atau dua segment yang tepat, produk yang akan di jual juga harus memiliki target pasarnya sedniri, sehingga kita dapat menawarkan produk berdasarkan kelompok pelanggan yang sesuai dengan kriteria target pasar.

2. Menetapkan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran yang meliputi antara lain, produk, harga, dan tempat promosi. Baik produk ataupun layanan harus ditetapkan secara spesifik. Setelah itu, kita baru akan bisa menentukan bagaimana produk akan didistribusikan. Langkah selanjutnya adalah menentukan metode promosi agar masyarakat mengetahui produk yang ditawarkan.

3.Memanfaatkan media Sosial
Saat ini, media sosial menjadi sebuah keperluan sehari-hari baik untuk bekerja, untuk berusaha, ataupun untuk mengetahui perkembangan dunia secara terupdate.Media sosial menjadi sarana yang sangat produktif untuk melakukan pemasaran suatu produk. Media sosial juga dapat digunakan menjadi etalase produk yang memudahkan pelanggan untuk membuat pilihan. Media sosial juga menjadi sumber informasi bagi pelaku bisnis dan interaksi serta komunikasi dengan pelanggan pun akan terjalin lebih baik lagi, karena hampir semua orang menggunakan media sosial untuk sehari-harinya.
    
4. Pemasaran Melalui Email
Tidak hanya menggunakan media sosial saja untuk pemasaran tetapi kita juga harus menggunakan media lainnya, seperti melakukan pemasaran melalui email atau email marketing. Cara ini cukup efektif, karena pemasaran dilakukan secara personal dengan pesan email yang masuk ke masing-masing kotak masuk setiap penerima.

5. Produk atau Layanan Gratis
Biasanya masyarakat enggan untuk menggunakan produk baru, kita harus memberikan produk atau layanan gratis agar calon pelanggan dapat merasakan kualitas produk yang kita tawarkan dan juga supaya calon pelanggan bisa menilai keunggulan dari produk yang kita tawarkan.

6. Beriklan di Media Massa atau Media Lain yang Berbayar
Menyisihkan anggaran khusus untuk iklan berbayar bisa menjadi investasi bermanfaat jika dilakukan dengan tepat. Iklan bisa dipajang di luar ruang misalnya melalui spanduk atau baliho. Namun iklan seperti ini berbiaya cukup mahal. Kamu juga bisa beriklan di media cetak maupun elektronik, seperti surat kabar, majalah, radio, bahkan televisi.

Jadi, di atas adalah penjelasan bagaimana melakukan strategi pemasaran yang baik dan efektif untuk mencapai kesuksesan bisnis, jika kalian memiliki bisnis start up, bisa kalian coba lakukan strategi pemasaran yang sudah dijelaskan di atas, untuk mencapai kesuksesan bisnis anda.

    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Marketing Menantea Milik Jerome Polin & Jehian

Blu By Bank BCA Digital Melakukan Pemasaran Melalui Sosial Media